PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL GERAK BENDA SISWA KELAS III SEMESTER 2 SDN GEDANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015 KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

HERUL WIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0159

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari motivasi atau minat belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal gerak benda sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal gerak benda setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual? (3) Adakah pengaruh model kontekstual terhadap kemampuan mengenal gerak benda?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas III semester II SDN Gedangan. Teknik Penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa tes tertulis, sedangkan instrumennya berupa soal objektif, yaitu soal pilihan ganda. Adapun untuk analisis data yang digunakan adalah statistic inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai t hitung (8.752) > nilai t table (2.060) dan nilai rata-rata kelas 79.04 > 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model kontekstual terhadap kemampuan mengenal gerak benda siswa kelas III semester II SDN Gedangan Tahun Ajaran 2014/2015 Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis tersebut, data dapat disimpulkan bahwa, (1) hasil belajar materi mengenal gerak benda tanpa menggunakan model kontekstual siswa kelas III SDN Gedangan masih rendah atau belum memuaskan; (2) hasil belajar materi mengenal gerak benda dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual siswa kelas III SDN Gedangan sudah memuaskan; (3) ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mengenal gerak benda siswa kelas III semester II SDN Gedangan Tahun Ajaran 2014/2015 Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI