PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SEKITAR RUMAH DAN SEKOLAH SISWA KELAS 3 SDN BANGSAL 1 KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN 2014/2015.
Author (Penulis)
HASAN SAMSODIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0155
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di SDN Bangsal 1pada Kompetensi dasar (KD) 1.1 menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah terutama materi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolahmasih cenderung berada di bawah KKM. Hal ini disebabkan inovasi model pembelajaran dan penggunaan media dalam pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal.
Permasalahan dalam
peneliti ini adalah: (1) Adakah Pengaruh Penggunaan Model
Pembelajaran Konvesional Terhadap Kemampuan Menceritakan Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dan Sekolah Pada Siswa Kelas 3 SDN Bangsal 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri? (2) Adakah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)dengan Media GambarTerhadap Kemampuan Menceritakan Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dan Sekolah Siswa Kelas 3 SDN Bangsal 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri? (3) Adakah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)dengan Media GambarTerhadap Kemampuan Meneritakan Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dan Sekolah Siswa Kelas 3 SDN Bangsal 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen murni (True-Experimental Design), desain tes akhir dua kelompok (Posttest Only Control Design).Subjek penelitiannya adalah siswa kelas
3-A dan 3-B yang masing-masing kelas terdiri dari 37 siswa.Teknik pengumpulan data berupa tes dan
bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji-t.
Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung (6,125) ? ttabel (2,00) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 72, artinya ada pengaruh yang
signifikan penggunaan model STAD (Student Team Achievement
Division)dengan media
gambarterhadap terhadap kemampuan meneritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah siswa kelas 3 SDN Bangsal 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), media gambar,dan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah.