PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

GRACESSHINTA DESIANIKEN S.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0150

Abstract

ABSTRAK Gracesshinta D. S. : Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Permasalahan Sosial di Daerahnya Pada Siswa Kelas IV SDN Banyakan I Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning), strategi pembelajaran konvensional, kemampuan mengidentifikasi permasalahan sosial di daerahnya. Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas IV SDN Banyakan I yang berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data yang masih rendah akan hasil belajar siswa tentang permasalahan sosial di daerahnya. Hal ini dikarenakan guru belum menentukkan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan tiga rumusan masalah sebagai berikut: (1)Apakah strategi pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Banyakan I Kab. Kediri?; (2)Apakah strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Banyakan I Kab. Kediri?; (3)Apakah ada perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran konvensional dan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan mengidentifikasi permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Banyakan I Kab. Kediri?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian ekperimental dengan Nonrandomized Control Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV-A (kelas eksperimen) dan kelas IV-B (kelas kontrol) SDN Banyakan I. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa jenis penilaian tes tertulis. Dari analisis data telah diperoleh temuan: (1) Strategi pembelajaran konvensional berpengaruh sangat signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung (19,539) ? t-tabel (2,457) pada taraf signifikan 1% dengan demikian H0 ditolak dengan sangat signifikan; (2)Strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) berpengaruh sangat signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung (35,069) ? t-tabel (2,457) pada taraf signifikan 1% dengan demikian H0 ditolak dengan sangat signifikan pula; (3)Terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara strategi pembelajaran konvensional dibanding Strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan mengidentifikasi permasalahan sosial di daerahnya. Hal ini terbukti dari hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung (3,608) > t-tabel (2,660) pada taraf signifikan 1% dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dengan sangat signifikan. Dengan perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen mencapai 82,9 ? (KKM 75), sedangkan kelompok kontrol mencapai 74,6 < (KKM 75). Sehingga dapat disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) lebih unggul daripada penggunaan strategi pembelajaran konvensional.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI