PENINGKATAN KEAKTIFAN BERDISKUSI SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA MELALUI KOMBINASI MODEL JIGSAW DENGAN NHT ( NUMBERED HEADS TOGETHER ) DI KELAS V SDN MARGOURIP I KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

GANDY SETYO PRAMONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0149

Abstract

Gandy Setyo Pramono: Peningkatan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Pesawat Sederhana Melalui Kombinasi Model Jigsaw Dengan NHT ( Numbered Heads Together ) di Kelas V SDN Margourip I Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: keaktifan, berdiskusi, Jigsaw, Numbered Head Together, pesawat sederhana. Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada hasil akhirnya hasil belajar siswa juga rendah. Permasalah penelitian ini adalah (1) Apakah keaktifan berdiskusi dapat ditingkatkan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Jigsaw dengan Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Margourip I ? (2) Apakah dengan penerapan model Jigsaw dengan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Margourip I dalam pembelajaran IPA tantang pesawat sederhana? (3) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran model Jigsaw dengan Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana?. Penelitian ini mengunakan pendekatan tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Margourip I. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap atau dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui tahap penelitian dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam menetukan motivasi belajar siswa, (2) Penerapan model pembelajaran kombinasi Jigsaw dengan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok menggunakan model pembelajaran kombinasi Jigsaw dengan Numbered Head Together adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama antar siswa, sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran, (2) Guru masih perlu mengembangkan penelitiannya untuk membuktikan apakah penggunaan model pembelajaran kombinasi Jigsaw dengan Numbered Head Together sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI