pengaruh model mind mapping dengan media visual terhadap kemampuan menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah dan sekolah


Author (Penulis)

FUAD RACHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0148

Abstract

ABSTRAK FUAD RACHMAN : Pengaruh Model Mind mapping dengan media visual terhadap kemampun menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah dan sekolah pada kelas III SDN Tengger Kidul 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi berpusat pada guru yang aktif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru yang belum maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah dan sekolah dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas III SDN Tengger Kidul 2 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri taun ajaran 2015-2016 (2) Bagaimana kemampuan menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah dan sekolah dengan menggunakan model Mind Mapping dengan media visual siswa kelas III SDN Tengger Kidul 2 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015-2016 ? (3) Adakah pengaruh penggunakan model Mind Mapping dengan media visual terhadap kemampuan menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah dan sekolah siswa kelas III SDN Tengger Kidul 2 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri taun ajaran 2015-2016 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tengger Kidul II.Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 %. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (6,125) > ttabel ( 2,660 ) dan nilai rata-rata kelas III tanpa menggunakan model Mind Mapping ( 70 ) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai kelas III dengan menggunakan model Mind Mapping (84,72) lebih dari nilai KKM (75). Artinya ada pengaruh penggunaan medel kontekstual terhadap kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana siswa kelas III SDN Tengger Kidul II. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menceritakan menggunakan model konvesional siswa kelas III SDN Tengger Kidul II Kabupaten kediri Tahun Ajaran 2015-2016 dikategorikan sedang. (2) Kemampuan menceritakan menggunakan model Mind Mapping dengan media visual siswa kelas III SDN Tengger Kidul II Kabupaten kediri Tahun Ajaran 2015-2016 dikategorikan tinggi.(3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model Mind Mapping terhadap kemampuan menceritakan siswa kelas III SDN Tengger Kidul II Kabupaten kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Kata kunci : Model Mind Mapping dengan Media Visual, Kemampuan Menceritakan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI