PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GLASSER DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN MANFAAT ENERGI MATAHARI PADA KEGIATAN MELAKUKAN PERCOBAAN SISWA KELAS IV SDN KEREP KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014-2015
Author (Penulis)
FIDA KHOIRUNAFI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0143
Abstract
Abstrak
Fida Khoirunafi’ah: Penerapan Model Pembelajaran Glasser Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Manfaat Energi Matahari Pada Kegiatan Melakukan Percobaan Siswa Kelas IV SDN Kerep Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata Kunci: Model pembelajaran Glasser, media tiga dimensi, mendeskripsikan, manfaat energi matahari.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran pada kurikulum 2013 ini menggunakan pendekatan ilmiah, namun dalam pelaksanaannya masih belum memenuhi sasaran. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa yang kurang memahami materi pelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan manfaat energi matahari pada kegiatan pembelajaran melakukan percobaan dengan menerapkan model pembelajaran glasser dengan media tiga dimensi? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan manfaat energi matahari pada kegiatan pembelajaran melakukan percobaan tanpa menerapkan model pembelajaran glasser dengan media tiga dimensi? (3) Bagaimana penerapan model pembelajaran glasser dengan media tiga dimensi pada kegiatan melakukan percobaan terhadap peningkatan kemampuan mendeskripsikan manfaat energi matahari?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan obyek penelitian siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri yang berjumlah 60 siswa. Teknik penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan kelompok pembanding dengan jenis posttest-only control design dan menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran yang didalamnya terdapat tes.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 67,83 sedangkan hasil posttest kelompok eksperimen yaitu 82,83. Berdasarkan signifikansi 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua kelompok (kontrol dan eksperimen) yaitu lebih tinggi nilai posttest kelompok eksperimen.
Dengan demikian simpulan hasil penelitian ini, penerapan model pembelajaran glasser dengan media tiga dimensi pada kegiatan melakukan percobaan dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan manfaat energi matahari siswa kelas IV SDN Kerep Kabupaten Kediri tahun 2014-2015.