PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN KECAMATAN BANYAKAN


Author (Penulis)

FIBRI ALFINDRA ZESY ARISONA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0142

Abstract

ABSTRAK Fibri Alfindra Zesy Arisona: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Kecamatan Banyakan, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Strategi pembelajaran inquiri, media gambar, kemampuan mengenal. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terhadap aktivitas dilapangan kegiatan belajar mengajar di sekolah pada umumnya cenderung monoton dan tidak menarik, hal ini disebabkan karena guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar dan ini akan menimbulkan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru akan dianggap sulit oleh siswa termasuk didalamnya adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana peningkatan belajar siswa dengan menggunakan model strategi pembelajaran inquiri pada siswa kelas III SDN Kecamatan Banyakan? (2) Bagaimana peningkatan belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry dengan media gambar? (3) Adakah pengaruh menggunakan strategi pembelajaran inquiry dengan tidak menggunakan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Kecamatan Banyakan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Parang I dan SDN Parang II Kecamatan Banyakan. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester II berlangsung selama kurang lebih 6 bulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis.Bentuk soal dalam tes adalah menggunakan pilihan ganda. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: Ada perbedaan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media dan tidak dengan media. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan independent sample t test dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Siswa yang diajar dengan media memiliki kemampuan lebih tinggi dari pada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan media. Guru harus lebih cermat dalam memilih dan menggunakan metode yang cocok untuk menyampaikan materi pelajaran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI