PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN TALES 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
FERDINA PUSPITA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0139
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode Numbered Head Together.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan Metode Numbred Head Together didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV-A? (2) Apakah penggunaan Metode Numbered Head Together tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV-B? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode Numbered Head Together didukung media gambar dibanding dengan metode Numbered Head Together tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Tales 2 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Numbered Head Together didukung media gambar dan IV B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode Numbered Head Together tanpa didukung media gambar dengan anlisis uji t.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Numbered Head Together didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik, hal ini terbukti dari nilai thitung (10,438) > ttabel (2,831) pada taraf signifikansi 1%. (2) Penggunaan metode Numbered Head Together didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan nlingkungan fisik, hal ini terbukti dari nilai thitung (10.703) > ttabel (2,831) pada taraf signifikansi 1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan metode Numbered Head Together didukung media gambar dibanding metode Numbered Head Together tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Tales 2 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung (4.442) > ttabel (2,704) pada taraf signifikansi 1%. Dengan keunggulan pada penggunaan metode Numbered Head Together didukung media gambar, hal tersebut terbukti dari nilai rerata post-test pada penggunaan penggunaan metode Numbered Head Together didukung media gambar adalah 83,6364 sedangkan nilai rerata post-test pada pengguanan metode Numbered Head Together tanpa didukung media gambar adalah 68,4091. Dengan demikian 83,6364 > 68,4091.
Kata Kunci : Numbered Head Together didukung media gambar, Mendeskripsikan Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik