PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA PADAT, CAIR DAN GAS MEMILIKI SIFAT TERTENTU PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SDN SAMBIREJO 3 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FENI NURTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0138

Abstract

ABSTRAK Feni Nurtiani. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Didukung Media Benda Konkrit Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Wujud Benda Padat, Cair Dan Gas Memiliki Sifat Tertentu Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Sambirejo 3 Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci :demonstrasi, media benda konkrit, mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode demonstrasi dan media benda konkrit. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan metode demonstrasi didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan metode ceramah dibandingkan penggunaan metode demonstrasi didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimentaldenganjenis desain penelitian Quasi Experimental Desaign. Menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode ceramah berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu, thitung (4,847) > ttabel (2,807). (2) Penggunaan metode demonstrasi didukung media benda konkrit berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (12,052) > ttabel (2,807). (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan penggunaan metode ceramah dibandingkan penggunaan metode demonstrasi didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu dengan keunggulan pada penggunaan metode demonstrasi didukung media benda konkrit. Berdasarkan simpulan ini direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan metode demonstrasi didukung media benda konkrit untuk memudahkan pemahaman siswa dan membuat siswa lebih aktif dan kreatif. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus apakah metode demonstrasi didukung media benda konkrit dapat digunakan untuk semua materi dan dapat digunakan pada semua karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI