PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN MABUNG 4 TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
FEBRINA IKA W
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0137
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitasklasikal dengan
dominasi peran guru. Akibatnya suasana
kelas monoton, pasif dan
membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan
pada akhirnya hasil belajar rendah pula.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimanakah kemampuan
memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah sebelum
menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual? (2) bagaimanakah
kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual? (3) adakah pengaruh
metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual terhadap
peningkatan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek
penelitian kelas III SDN Mabung 4 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk.
penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Menggunakan instrumen
berupa RPP, dan test belajar siswa.
Dari hasil penelitian di dapatkan ada perbedaan sebelum dan sesudah
menggunakan metode demonstrasi terhadap siswa dalam memahami kegiatan
jual beli dilingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN Mabung 4
Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata
sebelum perlakuan 68.54 dan nilai rata-rata setelah perlakuan 80.43 dimana
KKM disekolah tersebut 70,00. Serta ada pengaruh metode demonstrasi pada
penguasaan materi kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah ini dapat
dilihat dari hasil uji t paired sampel test adapun hasilnya t-hitung > t-tabel yaitu
6.554 > 2.042.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan materi kegiatan jual
beli dilingkungan rumah dan sekolah sebelum menggunakan metode
demonstrasi dan media audio visual dinyatakan kurang menguasai (2)
penguasaan materi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah setelah
menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual dinyatakan
menguasai (3) ada pengaruh metode demonstrasi dan media audio visual
terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan
sekolah.
Kata kunci: metode demonstrasi, media audio visual, hasil belajar, kegiatan jual
beli dilingkungan rumah dan sekolah