PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN MABUNG 4 TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

FEBRINA IKA W
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0137

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitasklasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimanakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah sebelum menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual? (2) bagaimanakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual? (3) adakah pengaruh metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas III SDN Mabung 4 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa. Dari hasil penelitian di dapatkan ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi terhadap siswa dalam memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN Mabung 4 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata sebelum perlakuan 68.54 dan nilai rata-rata setelah perlakuan 80.43 dimana KKM disekolah tersebut 70,00. Serta ada pengaruh metode demonstrasi pada penguasaan materi kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah ini dapat dilihat dari hasil uji t paired sampel test adapun hasilnya t-hitung > t-tabel yaitu 6.554 > 2.042. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan materi kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah sebelum menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual dinyatakan kurang menguasai (2) penguasaan materi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah setelah menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual dinyatakan menguasai (3) ada pengaruh metode demonstrasi dan media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah. Kata kunci: metode demonstrasi, media audio visual, hasil belajar, kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI