PENGARUH MODEL STAD DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN KENAYAN 2 KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
FAMELIA POLANTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0134
Abstract
PENGARUH MODEL STAD DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN KENAYAN 2 KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015
Famelia Polantika1, Nursalim2, Bambang Soenarko3
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Email: fameliapolantika@yahoo.com1, Nursalim@gmail.com2, bambangsoenarko@gmail.com3
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Kenayan 2 yang menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi sumber energy dan kegunaannya pada mata pelajaran IPA siswa kelas III pada semester 2 SDN Kenayan 2 cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan proses pembelajaran menjadi membosankan.Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kenayan 2 Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model konvensional didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energy dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Kenayan 2 Kabupaten Tulungagung, terbukti dengan hasil th=4.864>tt 1% =2,797 (dengan ketuntasan sebesar 4%); (2) Penggunaan model pembelajaran STAD didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energy dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Kenayan 2 Kabupaten Tulungagung, terbukti dengan hasil th=9.943>tt 1% =2,797 (dengan ketuntasan sebesar 78%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara model konvensional didukung media gambar dibanding model STAD didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energy dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Kenayan 2 Kabupaten Tulungagung, dengan hasil perhitungan th=6.015>tt 5% =2,021 dengan keunggulan pada penggunaan model STAD didukung media gambar ( KK 65,76< KE 80,64).
Kata Kunci : STAD didukung media gambar, Mengidentifikasi Sumber energi dan kegunaannya