PENGARUH METODE INQUIRY DAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN GAYA (DORONGAN DAN TARIKAN) DAPAT MENGUBAH BENTUK SUATU BENDA PADA SISWA KELAS IV SD


Author (Penulis)

EVA NURKHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0131

Abstract

abstrak Eva Nurkhasanah: Pengaruh Metode Inquiry dan Discovery Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Hasil Percobaan Gaya (Dorongan dan Tarikan) Dapat Mengubah Bentuk Benda pada Siswa Kelas IV SD, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN Burengan 4, khususnya materi gaya (dorongan dan tarikan) hasil observasi tersebut menunjukkan bahwa guru sering menyampaikan dengan metode ceramah dan tanya jawab saja, sehingga materi tersebut tidak menarik minat belajar siswa akibatnya nilai yang didapatkan siswa kurang maksimal. Hal itu menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampan siswa kelas IV SD dalam menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benada dengan menggunakan metode ceramah? (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV SD dalam menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda dengan menggunakan metode inquiry dan discovery? (3) Adakah pengaruh metode inquiry dan discovery terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda?. Jenis penelitian ini menggunakan teknik pre eksperimental dengan jenis static group comparition. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan 1 yang berjumlah 30 orang siswa dan siswa kelas IV SDN Burengan 4 yang berjumlah 31 orang siswa. Data tentang kemampuan menyimpulkan hasil percobaantentang gaya dikumpulkan dengan instrumen berupa tes. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 18 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung secara manual. Data dianalisis dengan t-tes berdasarkan taraf signifikan 5%. Hasil penghitungan thitung> ttabel yaitu 4,653 > 2,000 dengan demikian Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inquiry dan discovery terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk benda pada siswa kelas IV SD. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota kediri tahun ajaran 2015/2016 dinyatakan rendah dan kurang maksimal dengan nilai rata-rata kurang dari KKM (tepatnya 72). (2) Kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda dengan menggunakan metode inquiry dan discovery pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 dinyatakan tinggi dan sudah maksimal dengan nilai rata-rata diatas KKM (tepatnya 83,9). (3) Ada pengaruh signifikan pada penggunaan metode inquiry dan discovery terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk benda pada siswa kelas IV SDN Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: metode inquiry dan discovery, kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI