PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA SISWA KELAS III SDN NGADIBOYO


Author (Penulis)

ETIK RAHASTRIKANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0130

Abstract

Abstrak Etik Rahastrikandi : Pengaruh Model Two Stay Two Stray dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat Atau Unsurnya Siswa Kelas III SDN Ngadiboyo, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: model two stay two stray, media visual, mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan khususnya materi Matematika yaitu mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya siswa kelas III SDN Ngadiboyo. Dari hasil pengamatan diperoleh hasil bahwa siswa belum menguasai materi yang diajarkan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang masih di bawah KKM sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah ( 1 ) Bagaimanakah kemampuan awal siswa dalam mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya sebelum diterapkannya model Two stay two stray dengan media visual siswa kelas III SDN Ngadiboyo II? ( 2 ) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya setelah diterapkannya model Two stay two stray dengan media visual siswa kelas III SDN Ngadiboyo II? ( 3 ) Adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran two stay two stray dengan media visual terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya siswa kelas III SDN Ngadiboyo II?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Quasi Eksperimental Design. Teknik ini akan membandingkan hasil belajar siswa sebelum perlakuan dengan hasil belajar siswa setelah adanya perlakuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes objektif dimana sebelum perlakuan diberikan pre test dan sesudah perlakuan diberikan post test . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ngadiboyo II dan III Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ditetapkan pada SDN Ngadiboyo II dengan jumlah siswa 28 siswa yang ditentukan tanpa acak. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah uji t dengan menggunkan independent t test berdasarkan taraf signifikan 5%. yaitu jika t-hitung ? t-tabel dengan demikian Ho ditolak berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya setelah diterapkannya model two stay two stray dengan media visual pada siswa kelas III SDN Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari t-hitung ? t-tabel dengan taraf signifikian 5% yaitu t-hitung ? t-tabel (4,313 ? 1,67) dengan hasil belajar siswa pre test 62,67 dan post test 84,46.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI