PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN PENGALAMAN YANG MENGESANKAN SISWA KELAS III SDN SUKOREJO TAHUN 2014


Author (Penulis)

ETI RIZKI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0129

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SDmasih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif.Dengan banyaknya variasi model dan media pembelajaran guru belum bisa melaksanakan variasi model dan media tersebut secara maksimal. Hal ini nampak dari kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menceritakan pengalaman yang mengesankan pada siswa kelas III dengan penerapan model pembelajaran Talking Chips didukung media gambar(2) untuk membuktikan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Talking Chips didukung media gambar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas III (3) untuk membuktikan adanya hubungan kemampuan menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan motivasi belajar pada siswa kelas III menggunakan model pembelajaran Talking Chips. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas III SDN Sukorejo yang berjumlah 20 siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desaign tanpa kelompok pembanding.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket (kuisioner). Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest dari 20siswa yaitu78,65 sedangkan hasil dari rata-rata nilai post test20 siswa yaitu 82,10.Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05(0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (pretest dan posttest) yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adapengaruh model pembelajaran Talking Chips didukung media gambar terhadap kemampuan menceritakan pengalaman yang mengesankan siswa kelas III SDN Sukorejo Tahun 2014.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI