PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (EROSI, ABRASI, BANJIR DAN LONGSOR) SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD NEGERI 01 KARANGANOM TRENGGALEK TAHUN 2014-2015


Author (Penulis)

ESTU KARLINA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0128

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Belum adanya variasi model pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Guru masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran yang masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah sebelum penggunaan model pembelajaran example non example kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Karanganom 01 Trenggalek tahun 2014-2015 berhasil mencapai KKM? (2) Apakah sesudah penggunaan model pembelajaran example non example kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Karanganom 01 Trenggalek tahun 2014-2015 berhasil mencapai KKM? (3) Adakah pengaruh antara sebelum menggunakan model pembelajaran example non example dibanding sesudah menggunakan model pembelajaran example non example terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan) siswa kelas IV SDN 01 Karanganom Trenggalek tahun 2014-2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian siswa kelas IV SDN Karanganom 01 Durenan Trengalek tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan desain eksperimen one group pretest postest dengan cara melakukan percobaan terhadap satu kelompok tanpa menggunakan kelompok pembanding, dan menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran yang didalamnya terdapat suatu tes. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan ligkungan sebelum penggunaan model pembelajaran example non example belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 54,78 dan ketuntasan klasikal 18,25%. (2) Kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan sesudah penggunaan model pembelajaran example non example berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 82,65 dan ketuntasan klasikal 82,75%. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran example non example terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan hasil uji t yang dilakukan diperoleh t-hitung 11,265 lebih besar dari pada harga t-tabel 1% (2,787). Kata Kunci : Model Pembelajaran Example Non Example, mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi,abrasi, banjir dan longsor)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI