PENGARUH STRATEGI DRTA (Directed Reading Thinking Activity) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN ISI DONGENG YANG DIBACA SISWA KELAS III SDN REMBANGKEPUH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ERRYNTA DYAH HAPSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0127
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDN Rembangkepuh yang menunjukkan bahwa siswa kelas III pada semester I kurang mampu dalam menceritakan isi dongeng yang dibaca. Hal ini disebabkan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran pada materi menceritakan isi dongeng yang dibaca kurang tepat sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar.
Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca tanpa menggunakan strategi DRTA siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kab. Kediri tahun 2015/2016?; (2) mendeskripsikan kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca dengan menggunakan strategi DRTA dengan media gambar pada siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kab. Kediri tahun 2015/2016?; (3) mendeskripsikan pengaruh Strategi DRTA didukung dengan media gambar terhadap kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca siswa kelas III SDN Rembangkepuh Kab. Kediri tahun 2015/2016?
Subyek penelitian yakni siswa kelas III SDN Rembangkepuh. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dengan penyampaian materi menggunakan strategi DRTA didukung media gambar dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol tanpa strategi DRTA.
Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan tes tulis berupa soal uraian. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini digunakan teknik analisis statistik inferensial menggunakan langkah uji-T. Dari analisis data yang telah dilakukan, untuk kelas IIIA dengan strategi DRTA didukung media gambar diperoleh nilai rata-rata yaitu 89,62 sedangkan untuk kelas IIIB tanpa strategi DRTA diperoleh nilai rata-rata yaitu 65,21.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca tanpa menggunakan strategi DRTA siswa kelas IIIB SDN Rembangkepuh tahun 2015/2016 masih rendah atau bisa dikatakan belum berhasil; (2) kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca dengan menggunakan strategi DRTA didukung media gambar siswa kelas IIIA SDN Rembangkepuh tahun 2015/2016 tinggi dan dapat dikatakan berhasil; (3) ada pengaruh penerapan strategi DRTA didukung media gambar terhadap kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca siswa kelas III SDN Rembangkepuh kab. Kediri tahun 2015/2016.
Kata Kunci
Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), media gambar, kemampuan menceritakan isi dongeng yang dibaca.