PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG SISWA KELAS IV SD
Author (Penulis)
ERNI SETIYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0125
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dengan media gambar dan metode konvensional dengan media gambar. Jenis penelitiannya menggunakan rancangan “Post-test Only Design”. Data dianalisis dengan independent t-test. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db=68 (N-1). Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0,000 berarti lebih kecil dari taraf signifikani 5% yaitu 0,05 (0,000<0,05) dengan demikian Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada menerapan metode problem solving dengan media gambar terhadap hasil belajar luas dan keliling persegi panjang siswa kelas IV SD.
Kata Kunci :Problem Solving dengan media gambar, Hasil belajar Luas dan Keliling Persegi Panjang.