PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG SISWA KELAS IV SD


Author (Penulis)

ERNI SETIYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0125

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dengan media gambar dan metode konvensional dengan media gambar. Jenis penelitiannya menggunakan rancangan “Post-test Only Design”. Data dianalisis dengan independent t-test. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db=68 (N-1). Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0,000 berarti lebih kecil dari taraf signifikani 5% yaitu 0,05 (0,000<0,05) dengan demikian Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada menerapan metode problem solving dengan media gambar terhadap hasil belajar luas dan keliling persegi panjang siswa kelas IV SD. Kata Kunci :Problem Solving dengan media gambar, Hasil belajar Luas dan Keliling Persegi Panjang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI