PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS III SDN KUTOREJO 1 TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
ERNA DUMIARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0124
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengenal jenis-jenis pekerjaan menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen. Dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kutorejo I Kec. Kertosono Kab. Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal subjektif.
Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan siswa kelas III SDN Kutorejo I dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share tanpa media gambar dinyatakan kurang (2) Kemampuan siswa kelas III SDN Kutorejo I dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan yang di ajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar dinyatakan berhasil (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar terhadap kemampuan mengenal jenis- jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Kutorejo I
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Kemampuan Mengenal Jenis- Jenis Pekerjaan.