PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA SISWA KELAS III SDN KUTOREJO 1 TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ERLINA BUDI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0123

Abstract

Erlina Budi Utami: Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together dengan Media video terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Keadaan Awan dan Cuaca Siswa kelas III SDN Kutorejo 1 Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Model pembelajaran Number Head Together, Media Video, Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa dalam pembelajaran IPA di SD siswa seakan dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkan dengan dunia nyata. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together tanpa media video pada siswa kelas III SDN Kutorejo 1 (2) Untuk mengetahui kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan media video pada siswa kelas III SDN Kutorejo 1 (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan media video terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III SDN Kutorejo 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN Sukorejo yang berjumlah 64 siswa, 32 siswa kelas III-A dan 32 siswa kelas III-B. Penelitian dengan menggunakan Quasi Experimental Design (desain eksperimen semu), yaitu desain tes awal-tes akhir dua kelompok tanpa diacak. Pemilihan dua kelompok eksperimen dan kontrol tanpa diacak sebelum dan sesudah perlakuan diberti test. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai kelas kontrol dari 32 siswa yaitu 72,19 sedangkan hasil dari rata-rata nilai kelas eksperimen dari 32 siswa yaitu 83,75. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas ekperimen yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Number Head Together dengan media video terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca siswa kelas III SDN Kutorejo 1 Tahun 2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI