Pengaruh media audio didukung media bagan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015


Author (Penulis)

ERDIS EGA YULIANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0122

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan pengalaman peneliti di SDN Campurejo 2 Kota Kediri yang menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi unsur cerita tergolong rendah, dapat dibuktikan bahwa hanya terdapat 40% siswa dalam kelas yang mencapai nilai KKM (75). Hal tersebut disebabkan antara lain saat guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai aspek mendengarkan masih menggunakan lisan atau melalui ucapan secara langsung dan belum menggunakan media pembelajaran yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mencoba untuk menggunakan media audio didukung media bagan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi unsur cerita tanpa menggunakan media audio didukung media bagan pada siswa kelas V semester 2 SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?, (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi unsur cerita dengan media audio didukung media bagan pada siswa kelas V semester 2 SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?, (3) Adakah pengaruh media audio didukung media bagan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V semester 2 SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen murni (True-Experimental Design), desain tes akhir dua kelompok (Posttest Only Control Design). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-A dan V-B yang masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3,210) ? t-tabel (2,00) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 78, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio didukung media bagan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SDN Campurejo Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan demikian guru dapat memanfaatkan media audio didukung media bagan untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi unsur cerita. Kata Kunci: Kemampuan mengidentifikasi unsur cerita, Media Audio, Media Bagan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI