PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA REALITA TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SIFAT – SIFAT BENDA PADAT, CAIR DAN GAS PADA SISWA KELAS III SDN KEDIRI


Author (Penulis)

ENDRA RIBUT B
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0121

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan peneliti ini adalah (1)Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantu media realita terhadap kemampuan siswa dalam menguasai penguasaan konsep sifat – sifat benda padat, cair dan gas? (2)Bagaimana motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantu media realita? (3)Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan siswa dengan kemampuan siswa dalam mnguasai penguasaan konsep sifat – sifat benda padat, cair dan gas dalam penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantu media realita? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Banjaran V. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran (SILABUS; RPP dsb), hasil belajar siswa (tes tulis), .motivasi belajar siswa (angket/kuesioer) dan keaktifan siswa (lembar observasi). Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t dua sampel dan korelasi product moment angka kasar pada taraf signifikan 5 %. Hasil analisis yang dilakukan, nilai thitung (7,2945386 ) > ttabel (2,001). Penghitungan skor rata-rata motivasi belajar serta keaktifan siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantu media realita secara beurutan 72,3 dengan prosentase skor (PS) sebesar 90,4% serta 64 dengan prosentase skor (PS) sebesar 80%. Hasil analisis korelasi yang dilakukan, nilai r_xy= 0,80127313 (Ha:??0). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation (GI) berbantu media realita terhadap kemampuan penguasaan konsep sifat-sifat benda padat, cair dan gas pada siswa kelas III SDN Banjaran V Kediri. (2)Penerapan model pembelajaran group investigation berbantu media realita membuat siswa kelas III SDN Banjaran V Kediri memiliki motivasi belajar serta keaktifan yang tinggi dalam mempelajari materi sifat-sifat benda padat, cair dan gas. (3)Ada hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan dengan kemampuan penguasaan konsep sifat-sifat benda padat, cair dan gas dalam penerapan model pembelajaran group investigation (GI) berbantu media realita pada siswa kelas III SDN Banjaran V Kediri. Kata kunci : Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Realita dan Kemampuan Penguasaan Konsep Sifat-Sifat Benda Padat, Cair dan Gas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI