PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN GOGORANTE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ENDANG DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0119

Abstract

ABSTRAK ENDANG DWI LESTARI: Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together Didukung Media Nyata Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kebupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Model Pembelajaran Number Head Together, Media Nyata, Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya. Penelitian ini dilatar belakangihasil observasi penelitidi SDN Gogorante, bahwakemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran IPA rendah. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan model dan media yang tepat, sehingga siswa cenderung pasif dan sulit menerima pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model klasikal didukung media gambarberpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya? (2) Apakah model NHT didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model klasikal didukung media gambar dengan model NHT didukung media nyataterhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek siswa kelas V SDN Gogorante 41 yang dibagi dalam 21 siswa kelas kontrol dan 20 siswa kelas eksperimen. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan model klasikal didukung media gambar terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya berpengaruh dengan ketuntasan klasikal rendah yaitu 22%<75%(2) Penggunaan model NHT didukung media nyata terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya berpengaruh dengan ketuntasan klasikal tinggi yaitu 78%>75%(3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model klasikal didukung media gambar dengan model NHT didukung media nyata yaitu signifikan dengan hasil uji t independent sample diperoleh sig. (2 tailed) 0.000< 0.05, dengan keunggulan pada model pembelajaran NHT didukung media nyata. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikantujuan pokok penggunaan model NHT didukung media Nyata adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama dan kreatifitas. Dimana siswa lebih aktif, terampil, dan dapat memahami materi dengan cepat karena dalam proses pembelajaran dilakukan dengan berdiskusi kelompok dan mengamati serta melakukan praktek secara langsung. Untuk itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses agar tercapainya tujuan pembelajaran. Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah model NHT didukung media nyata sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI