PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG PADA SISWA KELAS V SDN MOJOROTO 4 KEDIRI


Author (Penulis)

ELVA AYU ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0117

Abstract

ABSTRAK ELVA AYU ANDRIANI: Pengaruh Model Two Stay Two Stray Dengan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Pada Siswa Kelas V Siswa Mojoroto 4 Kediri Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri, 2015 Kata kunci: Model Two Stay Two Stray, Metode Diskusi, Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa kurang katif dalam proses belajar. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan menggunakan model two stay two stray dengan metode diskusi(2) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang tanpa menggunakan model two stay two stray dengan metode diskusi (3) untuk mengetahui pengaruh model two stay two stray dengan metode diskusi terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian seluruh siswa kelas V SDN Mojoroto 4, yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu VA dan VB yang masing-masing berjumlah 20 dan 20. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen yang terdapat kelompok pembanding (kelas kontrol dan kelas eksperimen) dan Instrumen yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pos test kelas kontrol yaitu hasil dari rata-rata nilai post test kelas ksperimen yaitu Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu lebih tinggi nilai hasil posttest kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penerapan Model Two Stay Two Stray dengan Metode Diskusi terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Mojoroto 4 Kediri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI