PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DITUNJANG MEDIA VISUAL (GAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN KEMLOKOLEGI 2 KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2014-2015


Author (Penulis)

ELOK PUTRI APRILLIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0116

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA menekankan pada penguasaan sejumlah fakta dan konsep, dan dalam penyampaian materi cenderung bersifat konvensional yang berpusat pada guru. Realita proses pembelajaran yang bersifat konvensional, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di dalam kelas didominasi oleh kegiatan belajar yang hanya mengarahkan siswa untuk menghafal infomasi saja, otak siswa dipaksa untuk mengingat berbagai informasi. Siswa tidak dituntut untuk memahami dan menghubungkan informasi yang diingatnya itu dengan kehidupan sehari-hari siswa.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menggolongan makhluk hidup secara sederhana pada siswa kelas III sebelum menggunakan model pembelajaran Example Non Example ditunjang media visual (gambar) (2) untuk mengetahui kemampuan menggolongan makhluk hidup secara sederhana pada siswa kelas III sesudah menggunakan model pembelajaran Example Non Example ditunjang media visual (gambar) (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example ditunjang media visual (gambar) terhadap kemampuan menggolongan makhluk hidup secara sederhana. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN Kemokolegi 2 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan desain tanpa kelompok pembanding yang dilakukan hanya terdapat satu kelompok dan Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa rata-rata nilai pretest dari 20 siswa yaitu 67,25 sedangkan hasil dari rata-rata nilai posttest 20 siswa yaitu 79.Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih rendah dari 0.05(0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (pretest dan posttest) yaitu dengan hasil nilai posttest lebih tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adapengaruh model pembelajaran Example Non Exampleditunjang Media Visual (Gambar) terhadap Kemampuan Menggolongan Makhluk Hidup Secara Sederhana pada Siswa kelas III SDN Kemlokolegi 2 Kabupaten Nganjuk Tahun 2014-2015,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non Example, Media Visual (Gambar), Menggolongkan Makhluk Hidup Secara Sederhana.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI