PENGARUH MODEL STAD YANG DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA SISWA KELAS III SD NEGERI SUKORAME 3
Author (Penulis)
ELLA OCTAFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0115
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran.Salah satunya adalah faktor dari guru dan siswa itu sendiri. Guru memiliki peran penting dalam menyampaikan materi pembelajaran dan menjadikan pembelajaran lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan. Selain guru, siswa juga memiliki peran penting dalam pembelajaran. Namun, masih banyak siswa yang sibuk bermain sendiri saat pembelajaran, jika hal itu terus dilakukan maka siswa akan ketinggalan materi pelajaran ilmu pengetahuan alam. Untuk itu guru harus berkreasi dan berinovasi dalam proses belajar mengajar denagna menggunakna model, strategi dan media-media pembelajaran yang dapat menunjang materi tersebut.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model pembelajaran STAD didukung media gambar? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model pembelajaran STAD didukung media benda nyata ? (3) Adakah Pengaruh model pembelajaran STAD dan media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya?
Dalam penelitian ini subjek peneliti adalah siswa kelas III SDN Sukorame 1 dan 3, denagn jumlah siswa masing masing 40 dan 43. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest dan postest yaitu 64 dan 76. Sehingga penggunaan model pemnbelajaran STAD yang didukung media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest dan postest 67,875 dan 86. Dengan demikian kemampuan siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran STAD yang didukung media benda nyata.Setelah dilakukan analisis diperoleh t-hitung 4,252>t-tabel 1,990 (taraf signifikan 5%).Dengan demikian maka terbukti bahwa” ada pengaruh penggunaan model STAD yang didukung media benda nyata pada siswa kelas III SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015.