PENGARUH MODEL INKUIRI DIDUKUNG DENGAN PEMBUATAN TAPE KETELA TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN TEKNOLOGI SISWA KELAS IV SDN TANJUNG KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

EKA YULIA M
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0111

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang hanya diberikan dengan didominasi aktivitas klasikal peran guru semata. Kurang adanya keterlibatan peserta didik untuk melakukan aktivitas kegiatan mengamati ataupun praktikum dalam proses pembelajaran, sehingga siswa bersikap pasif, malas berpikir, dan pembelajaran akan membosankan, yang pada akhirnya kemampuan belajarnya tidak dapat memuaskan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Tanjung Kelas IV A dan B, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan pemilihan kelompok dengan cara random, dan posttest digunakan sebagai alat ukur berupa tes untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Rata-rata skor tes siswa kelas eksperimen X ?_1 yaitu 85,7 dengan menerapkan model Inkuiri didukung dengan praktikkum dalam meningkatkan kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai X ?_2 yaitu 61,7. Adapun analisis data dengan menggunakan uji t berdasarkan taraf signifikan 5%. Hasil thitung = 40,94 ? ttabel = 2,021 dengan db 40 = 2,021 pada tabel distribusi t, karena thitung ? ttabel , disimpulkan “Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran menggunakan model Inkuiri didukung dengan pembuatan tape ketela terhadap hasil belajar siswa dalam menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi siswa kelas IV SDN Tanjung Kabupaten Kediri”. Kata kunci: model inkuiri, pembuatan tape ketela, sumber daya alam, teknologi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI