PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN MEDIA AUDIO-VISUAL (VIDEO) PADA KEGIATAN MENGENAL DAN MENGURUTKAN DAUR HIDUP TUMBUHAN DAN HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDS PAWYATAN DAHA TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

EKA TRISNA NITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0110

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa di SDS Pawyatan Daha, terdapat sekitar 40% siswa mendapat nilai di bawah KKM pada evaluasi pembelajaran IPA materi mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup. Hal ini disebabkan, guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, sehingga penyampaian materi bersifat abstrak. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan bersifat text book oriented dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Akibatnya dalam proses pembelajaran siswa kurang terdorong untuk mengembangkan ketrampilan berfikir dan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup pada kegiatan mengenal dan mengurutkan daur hidup hewan dan tumbuhan dengan model pembelajaran SAVI kelas IV SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015?; 2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup pada kegiatan mengenal dan mengurutkan daur hidup hewan dan tumbuhan dengan model pembelajaran SAVI dan media audio-visual (video) kelas IV SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015?; 3) Adakah pengaruh model pembelajaran SAVI dan media audio-visual (video) pada kegiatan mengenal dan mengurutkan daur hidup hewan dan tumbuhan terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup kelas IV SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian posttest only control design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung 6,73 > t-tabel 1,99 dan nilai rata-rata kelas IV-A dengan menggunakan model SAVI 60,27 < 75 (KKM), sedangkan rata-rata kelas setelah IV-B menggunakan model SAVI dan media audio-visual (video) 85,54> 75 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI dan media audio-visual (video) terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup kelas IV SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup pada kegiatan mengenal dan mengurutkan daur hidup hewan dan tumbuhan kelas IV-A SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015 dengan menggunakan model SAVI dinyatakan kurang maksimal.; (2) kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup pada kegiatan mengenal dan mengurutkan daur hidup hewan dan tumbuhan kelas IV-B SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015 dengan menggunakan model SAVI dan media audio-visual (video) dinyatakan tercapai maksimal; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model SAVI dan media audio-visual (video) terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup pada kegiatan mengenal dan mengurutkan daur hidup hewan dan tumbuhan kelas IV-B SDS Pawyatan Daha Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci : pembelajaran, penguasaan kemampuan mendeskripsikan daur hidup makhluk hidup ,SAVI, Video

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI