PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA GAYA, GERAK, DAN ENERGI PADA SISWA KELAS V SDN PURWODADI 1
Author (Penulis)
DYAH RATNA PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0106
Abstract
ABSTRAK
DYAH RATNA PERTIWI: Pengaruh Model Problem Based Learning Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mendeskripsikan Hubungan antara Gaya, Gerak, dan Energi pada Siswa Kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Media Konkret, Kemampuan Berpikir
Kritis dalam Mendeskripsikan Hubungan antara Gaya, Gerak, dan Energi.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SDN Purwodadi 1, bahwa dalam pelajaran IPA masih banyak siswa belum mengerti saat pembelajaran, dikarenkan guru hanya ceramah dan tidak menggunakan media saat menjelaskan materi. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran PBL didukung media konkret.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah model PBL didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dalam mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Apakah model PBL didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model PBL didukung media gambar dibanding penggunaan model PBL didukung media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis dalam mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Purwodadi I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri yang berjumlah 52 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan analisis uji u.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model PBL didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi hal ini terbukti diperoleh sign 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5%, maka didapat sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. (2) Penggunaan model PBL didukung media konkret berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi diperoleh sign 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5%, maka didapat sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. (3) Ada perbedaan penggunaan model PBL didukung media gambar dibanding penggunaan model PBL didukung media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis dalam mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi pada siswa kelas V SDN Purwodadi 1 dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran PBL didukung media konkret.