PENGARUH MODEL TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SD PAWYATAN DAHA


Author (Penulis)

DYAH AYU MALINDHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0105

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena kebanyakan guru sering kali kurang memahami bentuk-bentuk model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses mengajar. Ketidakpahaman itulah membuat guru hanya menggunakan model konvensional sehingga banyak siswa yang merasa jenuh, dan malas mengikuti pelajaran. Talking stick merupakan sebuah model pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kondisi dan suasana belajar aktif dari siswa karena adanya unsur permainan dalam proses pembelajaran. Dan dengan menggunakan media audio visual dapat menolong siswa untuk mengingat lebih banyak, membantu siswa untuk mengerti lebih baik, menarik dan memusatkan perhatian siswa serta mengatasi keterbatasan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek siswa kelas III SD Pawyatan Daha. Bentuk desain penelitian yang digunakan Posstest-Only Control Design. Pada kelompok pertama atau eksperimen diberi perlakuan dan kelompok yang lain atau kontrol tidak diberi perlakuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis secara deskriptif dan dengan dengan uji t sampel bebas. Dari hasil penelitian diperoleh persentase nilai kelas kontrol yang memenuhi KKM sebesar 67,74% ? 75% sehingga siswa dikatakan belum tuntas. Sedangkan persentase nilai kelas eksperimen yang memenuhi KKM sebesar 80,65%. > 75% dan siswa dikatakan tuntas. Begitu juga pada uji-t diperoleh diperoleh Sig. (2-tailed) 0,014. Hal ini menunjukkan 1/2 x 0,014=0,007 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima Kesimpulannya kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha yang diterapkan dengan model talking stick didukung media audio visual lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional. Dan dengan model talking stick didukung media audio visual aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran menjadi aktif. Kata Kunci: Pengaruh Model Talking Stick Didukung Media Audio Visual, Kemampuan Memahami, Pembelajaran Materi Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI