PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III SDN BURENGAN 4 KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DWI YOU ONO AL SHUBHI ABBAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0104
Abstract
ABSTRAK
Dwi You Ono Al Shubhi Abbas: Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Dan Sifat-Sifat Bangun Datar Sederhana Kelas III SDN Burengan 4 Kota Kediri.
Kata Kunci: model pembelajaran think-pair-share, kemampuan mengidentifikasi unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula.
Permasalahan peneliti ini adalah (1) Adakah pengaruh kemampuan mengidentifikasi unsur dan sifat-sifat bangun datar tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share Kelas III SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015? (2) Adakah pengaruh kemampuan mengidentifikasi unsur dan sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share Kelas III SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur dan sifat-sifat bangun datar Kelas III SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas III SDN Burengan 4 Kota Kediri, penelitian dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa.
Dari hasil penelitian didapatkan ada pengaruh model Think Pair Share terhadap siswa dalam mengidentifikasi unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana kelas III SDN Burengan 4 Kota Kediri. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas control 67,41 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,87, dimana KKM di sekolah tersebut 70,00.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III yang menggunakan model Think Pair Share dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika khususnya unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana guru kelas seharusnya menggunakan model Think Pair Share untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa.