PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KEGIATAN MENGENAL BAGIAN TUBUH HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BAGIAN TUBUH MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN SEMAMPIR


Author (Penulis)

DWI WAHYUNI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0103

Abstract

Abstrak Dwi Wahyuni Handayani: Pengaruh Model PBI Dengan Media Audio-Visual Pada Kegiatan Mengenal Bagian Tubuh Hewan Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Bagian Tubuh Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IV SDN Semampir Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: model PBI dengan media audio-visual, kemampuan mendeskripsikan bagian tubuh hewan. Penelitian ini di latarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan mendeskripsikan bagian tubuh hewan rendah. Terkait hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan belajar IPA antara yang dibelajarkan menggunakan model PBI dengan media audio-visual dengan tanpa menggunakan model PBI dengan media audio-visual pada siswa kelas IV SDN Semampir Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan Uji-t sampel bebas (Independen). Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0,05(0.000<0,05) dengan demikian Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara sesudah menggunakan model PBI dengan media audio-visual dibanding tanpa menggunakan model PBI dengan media audio-visual. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperiment dengan desain True Experemintal Design:Pretest-Posttest Control Design. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan belajar siswa kelas IV pada materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan dengan menggunakan model PBI cukup rendah dengan rata-rata di bawah KKM yaitu 62,72. (2) Kemampuan belajar siswa kelas IV pada materi mendeskripsikan bagian tubuh hewan dengan menggunakan model PBI dengan media audio-visual dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan rata-rata hasil post test yaitu 80,5. (3) Ada pengaruh model PBI dengan media audio-visual terhadap kemampuan mendeskripsikan bagian tubuh hewan siswa kelas IV SDN Semampir. Abstract Dwi Wahyuni Handayani: Influence PBI Model with Audio-Visual Media on the Activity of Knowing Animal’s body parts on the ability to describe the body parts of living thing in 4th Grade of Semampir Elementary School, Skripsi (Thesis), PGSD (Elementary Teacher Education), FKIP Nusantara PGRI University of Kediri, 2015 (Faculty of Teacher Training and Education of Nusantara PGRI University of Kediri,2015). Keywords: PBI models with audio-visual media, the ability to describe body parts of animals. The background of this research was the observation and experience of researchers, that learning science in elementary school is still dominated by the activity of the classical with the dominance of the role of the teacher. Consequently classroom atmosphere is monotonous, passive, and boring. This resulted in the ability to describe a low animal body parts. Related to that, research that aims to find a significant influence between the ability to learn science that learned to use PBI models with audio-visual media without using the model PBI with audio-visual media in 4th Grade of Semampir Elementary School in the Academic Year 2014/2015 , the number of 20 students as an experimental class and 20 students as the control class. This study uses the instrument in the form of Learning Implementation Plan (RPP). Results of the analysis has been performed using independent samples t-test (Independent). Results digit significance (2-tailed) 0.000 is smaller than 0.05 (0.000 <0.05) therefore Ho is rejected, it means that there is an average difference between PBI after using a model with audio-visual media than without using the PBI models with audio-visual media. The approach taken in this research is quantitative research design experiment with design True Experemintal Design: pretest-posttest Control Design. Conclusion The results of this study were (1) The ability of students of 4th Grade in the material describing animal body parts by using a model PBI quite low with an average under KKM is 62.72. (2) The ability of students of 4th Grade in the material describing animal body parts by using PBI models with audio-visual media can be increased. This is evidenced by the average post-test results is 80.5. (3) There is an effect of PBI models with audio-visual media on the ability to describe animal body parts to the students of 4th Grade of Semampir Elementary School.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI