PENGARUH PENGGUNAAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SEJARAH UANG PADA SISWA KELAS III TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DWI TRISNANING BUDI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0102

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi tentang pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat penting artinya dalam mempersiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang tinggi semenjak dini. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran IPS adalah disebabkan kurang profesionalismenya guru dalam menyampaikan pelajaran, mereka jarang menggunakan media dan model, sehingga kurang menarik minat anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dengan metode “example non example” didukung media visual pada siswa kelas III? 2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dengan strategi konvensional pada siswa kelas III? 3) Adakah pengaruh penggunaan metode example non example didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang pada siswa kelas III? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa siswa kelas III SDN Kemlokolegi 2 yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas III SDN Baron 5 yang berjumlah 12 siswa.Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data dengan perhitungan menggunakan uji-t independent samples testdapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5%, dan df28, nilai thitung 7,931 ? ttabel2,048 maka rhitung> rtabel,sehingga sangat signifikan. Dengan demikian terbukti bahwa:“Ada perbedaan pengaruh penggunaan metode konvensional dibanding dengan menggunakan metode pembelajaran Example Non Example didukung media visual (gambar) terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang pada kelas III SDN Kemlokolegi 2 Nganjuk dan SDN Baron 5Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015”. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran example non exampledidukung media visual gambar, siswa akan termotivasi untuk belajar menyampaikan pendapat dan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Kata Kunci:Metode Example Non Example Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sejarah Uang

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI