PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS V SDN DEYENG 2 KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DWI RATNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0099

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM dengan media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri serta untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental (Pretest-Posttest Control Group Design) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan menggunakan uji-t independent samples test dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5%, dan df 41, nilai thitung 7.299? ttabel 1,683 sehingga rhitung > rtabel, maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya Model Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dengan media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri. Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah (pbm), media gambar, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI