PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS V SDN DEYENG 2 KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
DWI RATNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0099
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM dengan media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri serta untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental (Pretest-Posttest Control Group Design) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan menggunakan uji-t independent samples test dapat diketahui bahwa tingkat kesalahan 5%, dan df 41, nilai thitung 7.299? ttabel 1,683 sehingga rhitung > rtabel, maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya Model Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dengan media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Deyeng 2 Kabupaten Kediri.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah (pbm), media gambar, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah.