“PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA SEPERTI, KEBHINEKAAN, KEKAYAAN ALAM, KERAMAHTAMAHAN PADA SISWA KELAS III SDS PAWYATAN DAHA 1, 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015”


Author (Penulis)

DWI INDRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0097

Abstract

Abstrak DWI INDRAWATI : Pengaruh Model Example Non Example Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti, Kebhinekaan, Kekayaan Alam, Keramahtamahan Pada Siswa Kelas III SDS Pawyatan Daha 1, 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, PGSD, FKIP UNP KRDIRI, 2015. Kata Kunci : Model Example Non Example, Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti Kebhinekaan, Kekayaan Alam, Keramahtamahan Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKn di SDS Pawyatan Daha masih menggunakan model konvensional atau model pembelajarannya kurang menarik, dimana peran guru masih sangat dominan sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini memyebabkan siswa kurang memahami materi yang telah diajarkan oleh guru sehingga di dalam kelas tercipta suasanya yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa dan pada ahirnya mempengaruhi pemahaman dan hasil belajar siswa. Terkait dengan hal ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memngetahui pengaruh penggunaan model Example Non Example terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti, kebhinekaa, kekayaan alam, dan keramahtamahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan “Posttest-Only Control Design”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kela III SDS Pawyatan Daha Kota Kediri. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, tes, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan temuan : (1) aktivitas siswa pada saat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Example Non Example memiliki banyak perubahan dari yang pasif menjadi aktif. Hal ini di buktikan dari hasil analisis data, pada pertemuan pertama siswa ada yang tidak melakukan aspek yang telah ditentukan, aspek kedua siswa lebih cenderung bisa mengikuti pembelajaran dengan model yang dilaksanakan, pertemuan ketiga semua siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model konvensional dan model Example Non Example terhadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, dan keramahtamahan pada siswa kelas III SDS Pawyatan Daha Kota Kediri. Hal ini terbukti dari hasil analisis data diperoleh t_hitung (7,899) > t_tabel (0,05) pada taraf signifikan 5% (p>0,05) yang berati h_0 ditolak dengan signifikan. Rata-rata pada kelas kontrol mencapai 67,46 (< KKM 70), sedangkan kelas eksperimen nilai rata-ratanya 83,76 (> KKM 70) sehingga dapat di tarik kesimpulan ada pengaruh penggunaan model Example Non Exampel terahadap kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia siswa kelas III SDS Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015.”

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI