PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MAKHLUK HIDUP (ANTARA LAIN BINATANG, TUMBUHAN, DAN BUAH-BUAHAN) PADA SISWA KELAS II SDN SRENGAT 03 KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
DWI FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0096
Abstract
ABSTRAK
Dwi Fitriani: Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Makhluk Hidup (Antara Lain Binatang, Tumbuhan, Dan Buah-Buahan) Pada Siswa Kelas II SDN Srengat 03 Kabupaten Blitar, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci: Model Pembelajaran Concept Sentence, Menulis Deskripsi Makhluk Hidup.
Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat komponen keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Materi pelajaran bahasa Indonesia kelas II semester II pada aspek menulis yaitu mendeskripsikan makhluk hidup di sekitar menggunakan kalimat sederhana, membutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa mudah memahami dan media yang mampu menumbuhkan imajinasi dan gambaran nyata sehingga mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis deskripsi siswa.
Terkait hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan belajar bahasa Indonesia antara yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Srengat 03 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan Uji-t sampel bebas (Independen). Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0,05(0.000<0,05) dengan demikian Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara yang menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dibanding dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperimen dengan desain Quasi Experemintal Design: non-equivalent control group disegn.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan belajar siswa kelas II pada materi menulis deskripsi makhluk hidup (antara lain binatang, tumbuhan, dan buah-buahan) dengan menggunakan model pembelajaran langsung cukup rendah dengan rata-rata di bawah KKM yaitu 59,75. (2) Kemampuan belajar siswa kelas II pada materi menulis deskripsi makhluk hidup (antara lain binatang, tumbuhan, dan buah-buahan) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan rata-rata hasil post test yaitu 85,00. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis deskripsi makhluk hidup (antara lain binatang, tumbuhan, dan buah-buahan) siswa kelas II SDN Srengat 03 Blitar.