PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS III SDN MRICAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

DWI ERNIYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0095

Abstract

ABSTRAK Dwi Erniyawati: Pengaruh Penggunaan Model Make A Match Terhadap Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas III SDN Mrican I Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : Model Make A Match, Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Campuran. Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan melakukan operasi hitung campuran sebelum menggunakan model make a match pada siswa kelas III SDN Mrican I? (2) Bagaimana kemampuan melakukan operasi hitung campuran sesudah menggunakan model make a match pada siswa kelas III SDN Mrican I? (3) Adakah pengaruh penggunaan model make a match terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas III SDN Mrican I? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 30 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan perempuan 14 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 20 soal.Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, denganr tabel = 0,444. Kofesiensi realibilitas tes = 0,902 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 29. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (12,83) > ttabel( 2,045 ) dan nilai rata-rata kelas III sebelum menggunakan model make a match (69,33) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai kelas III sesudah menggunakan model make a match (83) lebih dari nilai KKM (75). Dengan demikian simpulannya, ada pengaruh penggunaan model make a match terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas III SDN Mrican I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI