PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS III SDN MRICAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
DWI ERNIYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0095
Abstract
ABSTRAK
Dwi Erniyawati: Pengaruh Penggunaan Model Make A Match Terhadap Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas III SDN Mrican I Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Model Make A Match, Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Campuran.
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan melakukan operasi hitung campuran sebelum menggunakan model make a match pada siswa kelas III SDN Mrican I? (2) Bagaimana kemampuan melakukan operasi hitung campuran sesudah menggunakan model make a match pada siswa kelas III SDN Mrican I? (3) Adakah pengaruh penggunaan model make a match terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas III SDN Mrican I?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 30 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan perempuan 14 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 20 soal.Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, denganr tabel = 0,444. Kofesiensi realibilitas tes = 0,902 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 29.
Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (12,83) > ttabel( 2,045 ) dan nilai rata-rata kelas III sebelum menggunakan model make a match (69,33) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai kelas III sesudah menggunakan model make a match (83) lebih dari nilai KKM (75). Dengan demikian simpulannya, ada pengaruh penggunaan model make a match terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas III SDN Mrican I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.