PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN BULUSARI II TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DWI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0094

Abstract

ABSTRAK Dwi Astuti: Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2015. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Media Tiga Dimensi, Sifat-sifat Cahaya Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V semester II SDN Bulusari II sebelum menerapkan metode demonstrasi didukung media tiga dimensi? (2)Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V semester II SDN Bulusari II sesudah menerapkan metode demonstrasi didukung media tiga dimensi? (3) Adakah pengaruh penerapan metode demonstrasi didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V semester II SDN Bulusari II ? Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa hasil belajar siswa masih dalam mata pelajaran IPA belum memuaskan. Kondisi ini diduga karena proses pembelajaran hanya bersifat satu arah dan cenderung membosankan. Guru kurang memantapkan penggunaan metode dan media dalam proses belajar mengajar, sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bulusari II Semester II. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian ter tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bulusari II sebelum menggunakan metode demonstrasi didukung media tiga dimensi berada dibawah KKM, dengan nilai rata-rata 59,6. (2) Hasil belajar kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bulusari II sesudah menggunakan metode demonstrasi didukung media tiga dimensi mengalami peningkatan, diatas KKM dengan nilai rata-rata 77,4. (3)Ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar materi sifat-sifat cahaya sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Bulusari II, dari uji t diperoleh (7,92) > (2,064), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru hendaknya menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar agar mampu membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi pelajaran sehingga diharapkan hasil belajar siswa maksimal. (2) Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah metode demonstrasi didukung media tiga dimensi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI