Diyan Wahyu Putra Utomo: PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN DI DUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENCEGAHAN BENCANA ALAM SISWA KELAS IV SDN SRENGAT 03 TAHUN PELAJARAN 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini di latar belakangi dari proses pembelajaran yang diterapkan pada sekolah dimana peneliti melakukan penelitian, guru masih banyak yang hanya menekankan metode ceramah atau konvensional yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa, sehingga siswa menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Script tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pencegahan bencana alam pada siswa kelas IV SDN Srengat 03 kecamatan Srengat kabupaten Blitar tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Script dengan didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pencegahan bencana alam pada siswa kelas IV SDN Srengat 03 kecamatan Srengat kabupaten Blitar tahun pelajaran 2015/2016 (3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh model Cooperative Script tanpa didukung media visual dibandingkan dengan didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pencegahan bencana alam pada siswa kelas IV SDN Srengat 03 kecamatan Srengat kabupaten Blitar tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN Srengat 3 yang berjumlah 46 siswa. Seluruh populasi penelitian dijadikan sebagai sampel penelitian (Teori sample jenuh).Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen desain dengan kelompok pembanding dan Instrumen yang digunakan perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Cooperative Script didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pencegahan bencana alam pada siswa kelas IV SDN Srengat 03 kecamatan Srengat kabupaten Blitar dengan ketuntasan klasikal 75,17%. (2) Penggunaan model Cooperative Script tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi pencegahan bencana alam pada siswa kelas IV SDN Srengat 03 kecamatan Srengat kabupaten Blitar dengan ketuntasan klasikal 15,625%. (3) Ada perbedaan pengaruh model Cooperative Script didukung media visual dibandingkan model Cooperative Script tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pencegahan bencana alam pada siswa kelas IV SDN Srengat 03 kecamatan Srengat kabupaten Blitar dengan keunggulan pada penggunaan model Cooperative Script didukung media visual.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Belajar).
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengenbangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Roger, dalam huda 2013. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara. Wacana.