PENGARUH MODEL LSQ DIDUKUNG MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SD


Author (Penulis)

DINI RAHAYUNING ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0088

Abstract

ABSTRAK DINI RAHAYUNING ASTUTI: Pengaruh Model LSQ Didukung Media Flipchart Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV SD. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : model LSQ, media Flipchart, kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDS Pawyatan Daha masih menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa dukungan media. Hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi yang telah diajarkan oleh guru sehingga di dalam kelas tercipta suasana yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa dan pada akhirnya mempengaruhi pemahaman dan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah model LSQ didukung media flipchart berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? (2) Apakah model LSQ tanpa didukung media flipchart berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? (3) Apakah ada pengaruh antara model LSQ didukung media flipchart dengan model LSQ tanpa didukung media flipchart terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan teknik True Experimental (Posttest-Only Control Design). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model LSQ didukung media Flipchart berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (36,498) > ttabel (2,457) serta dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 96%. (2) Penggunaan model LSQ tanpa didukung media Flipchart berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan fisik, thitung (24,020) > ttabel (2,457) namun demikian ketuntasan belajar klasikal hanya 29,1%. (3) ada pengaruh penggunaan model LSQ didukung media flipchart dibanding model LSQ tanpa didukung media flipchart terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan ligkungan fisik dengan keunggulan pada penggunaan model LSQ didukung media flipchart. Hal ini terbukti pada kelompok eksperimen nilai rata-rata = 84,83. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata 64,6, sehingga kelompok eksperimen lebih unggul.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI