PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ESSAI SISWA KELAS III SD PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DINDA MARDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0087
Abstract
Abstrak
DINDA MARDIANA: Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Menulis Essai Siswa Kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: model think pair share, kemampuan, menulis essai.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula.
Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis essai siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran think-pair-share terhadap kemampuan menulis essai siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015? (3) Adakah perbedaan kemampuan menulis essai siswa kelas 3 SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015 antara menggunakan model pembelajaran think-pair-share dengan tanpa menggunakan model pembelajaran think-pair-share? (4) Bagaimanakah kemampuan guru dalam pembelajaran menulis essai dengan menerapkan model pembelajaran think-pair-share kelas 3 SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri, penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa.
Dari hasil penelitian didapatkan ada pengaruh model think pair share terhadap siswa dalam menulis essai siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas control 66,55 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,07 dimana KKM disekolah tersebut 70,00.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III yang menggunakan model think pair share dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan dalam pelaksaan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis essai guru kelas seharusnta menggunakan model think pair share untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa.