PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA KEDIRI


Author (Penulis)

DIMAS ANDIKA PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0086

Abstract

ABSTRAK DIMAS ANDIKA P.: Pengaruh Metode Problem Solving Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas IV SD Pawyatan Daha Kediri, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Pengaruh Metode Problem Solving Didukung Media Audio Visual, Kemampuan Menentukan, Pembelajaran Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana. Pemahaman terhadap mata pelajaran Matematika bagi siswa di Sekolah dasar masih kurang mendapat perhatian sebagian guru SD. Hal tersebut dikarenakan, guru kurang memperhatikan model, strategi, metode ataupun media yang akan diterapkan dalam pembelajaran. Akibatnya guru belum mampu menyelenggarakan pembelajaran bermakna sehingga tujuan dari pembelajaran matematika belum dapat tercapai.Pembelajaran matematika seharusnya dapat dijadikan sarana untuk memecahkan masalah sehari-hari.Pemecahan masalah tersebut meliputi penggunaan informasi, penggunaan pengetahuan tentang menghitung dan yang terpenting adalah kemampuan melihat serta menggunakan hubungan-hubungan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha. (2) Mengetahui kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan metode problem solving didukung media audio visual pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha. (3) Mengetahui pengaruh metode problem solving didukung media audio visual terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Adapun subjek penelitiannya adalah menggunakan dua kelas terdiri dari kelas eksperimen (IVD) dan kelas kontrol (IVH) di SD Pawyatan Daha Kediri.Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar. Dengan berpedoman pada nilai tes t dengan membandingkan thitung dengan ttabel, dimana dengan df / db= 76 diperoleh angka = 1,665 untuk taraf signifikan 5% dan 2,376 untuk taraf signifikan 1%. Dengan thitung = 2,479. Dengan demikian dapat dinyatakan H0 ditolak. Kesimpulannya “Ada Pengaruh yang sangat signifikan pada metode problem solving didukung media audio visual terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kediri”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI