PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KEGIATAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA PEKERJAAN DAN BARANG YANG DIHASILKAN TERHADAP PENGETAHUAN JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN NGAMPEL III KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DIAN PUSPITOSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0083

Abstract

ABSTRAK DIAN PUSPITO SARI : Pengaruh Model Examples Non Examples Pada Kegiatan Menjelaskan Hubungan Antara Pekerjaan Dan Barang Yang Dihasilkan Terhadap Pengetahuan Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV SDN Ngampel III Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Model Examples Non Examples, Aspek Pengetahuan Jenis Pekerjaan. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan yang mana guru masih menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dimana kegiatan masih terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang sedang berlangsung kurang bermakna bagi siswa karena jauh dari konteks kehidupan nyata yang dihadapi siswa. Dengan demikian, siswa merasa kesulitan memahami materi dan menerapkan ilmunya dalam masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan model Examples Non Examples sebelum ataupun sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut terhadap pengetahuan jenis pekerjaan siswa pada kegiatan menjelaskan hubungan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV semester 1 di SDN Ngampel III Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk 22 soal isian. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment dikatakan valid apabila rhitung ? rtabel, dengan rtabel = 0,396. Koefisien reliabilitas tes = 0,86248 ini dihitung dengan menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan(db) = 60. Uji normalitas hasil tes menggunakan rumus chi-kuadrat dengan X2 hitung 3,765 ? X2 tabel 11,070 pada ? = 0,05 dan dk = 5 dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh (7,615) > (2,000). Hasil penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh signifikan model Examples Non Examples pada kegiatan menjelaskan hubungan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan terhadap pengetahuan jenis pekerjaan. Saran yang dapat dikemukakan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada kegiatan menjelaskan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan dengan cara menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI