PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KEGIATAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA PEKERJAAN DAN BARANG YANG DIHASILKAN TERHADAP PENGETAHUAN JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN NGAMPEL III KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DIAN PUSPITOSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0083
Abstract
ABSTRAK
DIAN PUSPITO SARI : Pengaruh Model Examples Non Examples Pada
Kegiatan Menjelaskan Hubungan Antara Pekerjaan Dan Barang Yang
Dihasilkan Terhadap Pengetahuan Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV
SDN Ngampel III Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, PGSD, FKIP
UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Model Examples Non Examples, Aspek Pengetahuan Jenis
Pekerjaan.
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan yang mana guru masih
menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dimana kegiatan
masih terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang sedang
berlangsung kurang bermakna bagi siswa karena jauh dari konteks kehidupan
nyata yang dihadapi siswa. Dengan demikian, siswa merasa kesulitan memahami
materi dan menerapkan ilmunya dalam masalah kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
menggunakan model Examples Non Examples sebelum ataupun sesudah
menggunakan model pembelajaran tersebut terhadap pengetahuan jenis pekerjaan
siswa pada kegiatan menjelaskan hubungan antara pekerjaan dan barang yang
dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV semester 1 di SDN
Ngampel III Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan
pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini
meliputi 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk 22
soal isian. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product
moment dikatakan valid apabila rhitung ? rtabel, dengan rtabel = 0,396. Koefisien
reliabilitas tes = 0,86248 ini dihitung dengan menggunakan rumus Alpha. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada
taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan(db) = 60.
Uji normalitas hasil tes menggunakan rumus chi-kuadrat dengan X2
hitung
3,765 ? X2
tabel 11,070 pada ? = 0,05 dan dk = 5 dinyatakan bahwa sampel berasal
dari populasi berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t
diperoleh (7,615) > (2,000). Hasil penelitian ini menyimpulkan ada
pengaruh signifikan model Examples Non Examples pada kegiatan menjelaskan
hubungan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan terhadap pengetahuan
jenis pekerjaan.
Saran yang dapat dikemukakan adalah guru dapat menggunakan model
pembelajaran Examples Non Examples pada kegiatan menjelaskan antara
pekerjaan dan barang yang dihasilkan dengan cara menekankan pada proses
keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari
dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong
siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka.