PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD


Author (Penulis)

DIAN KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0082

Abstract

Abstrak Dian Kurniawati : Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Dengan Media Konkret Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Kelas V SD. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : Model Student Facilitator And Explaining, media konkret, kemampuan mendeskripsikan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa proses pembelajaran IPA di SD hanya menghafalkan fakta, prinsip atau teori saja, dan berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Permasalhan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD dengan menggunakan model konvensional? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan media konkret? (3) Apakah pengaruh model Student Facilitator and Explaing dengan media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu True Exsperimental Design (eksperimen yang betul-betu) tipe Posttest-Only Control Design dengan subyek siswa kelas V SDN 2 Besuki dan kelas V SDN 3 Besuki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan 5%. Pada uji normalitas hasil tes menggunakan rumus chi-kuadrat dengan x2hitung 7,9 < x2tabel 9,488 pada kelas eksperimen, dan chi-kuadrat dengan x2hitung 5,5< x2tabel 9,488 pada kelas pada kelas kontrol. Dari data tersebut dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh 2,368?1,68595. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh signifikan model Student Facilitator and Explaing dengan media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan adalah guru dapat menggunakan model Student Facilitator and Explaing dengan media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan cara melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa mampu berperan secara aktif ketika pembelajaran berlangsung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI