PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN (EROSI, ABRASI, BANJIR, DAN LONGSOR) PADA SISWA KELAS IV SDN ASMOROBANGUN 3


Author (Penulis)

DIAN DENNYARISKHA OKTAVIANY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0080

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada pembelajaran IPA di SD siswa masih sering mengalami kesulitan dalam memahami materi. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru tidak menggunakan model dengan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah guru bisa menerapkan metode problem solving dengan model talking stick. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen. desain penelitian true experimental design: posttest-only control design. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2-tailed 0,001, maka 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode problem solving dengan model talking stick terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir dan longsor) pada siswa kelas IV SDN Asmorobangun 3. Kata kunci: Metode problem solving dengan model talking stick, Mengidentifikasi pengaruh perubahan lingkungan terhadap daratan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI