PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN (EROSI, ABRASI, BANJIR, DAN LONGSOR) PADA SISWA KELAS IV SDN ASMOROBANGUN 3
Author (Penulis)
DIAN DENNYARISKHA OKTAVIANY
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0080
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada pembelajaran IPA di SD siswa masih sering mengalami kesulitan dalam memahami materi. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru tidak menggunakan model dengan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah guru bisa menerapkan metode problem solving dengan model talking stick. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen. desain penelitian true experimental design: posttest-only control design. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2-tailed 0,001, maka 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode problem solving dengan model talking stick terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir dan longsor) pada siswa kelas IV SDN Asmorobangun 3.
Kata kunci: Metode problem solving dengan model talking stick, Mengidentifikasi pengaruh perubahan lingkungan terhadap daratan