PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA SISWA KELAS III SDN SLUMBUNG TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
DIAN ARUM PUTRI NOVALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0079
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar
penggolongan makhluk hidup secara sederhana pada siswa kelas III SDN Slumbung tahun pelajaran
2014-2015. Antara sebelum menerapkan model make a match yang didukung media tiga dimensi dan
setelah menerapkan model make a match yang didukung media tiga dimensi pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Objek
penelitian menggunakan satu kelas yang terdiri dari 29 siswa kelas III B SDN Slumbung. Penelitian
ini menggunakan instrument berupa RPP dan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Kesimpulan
hasil penelitian ini adalah sebelum menerapkan model make a match yang didukung media tiga
dimensi, hasil belajar siswa masih di bawah KKM dan setelah menerapkan model make a match yang
didukung media tiga dimensi, hasil belajar siswa meningkat, dan hasil analisis data dari uji test-t
dengan menggunakan paired samples test terhadap yang dilakukan dengan berpedoman pada
besarnya angka signifikan. Dalam hal ini keputusan diambil dengan ketentuan, jika probabilitas > 0,05
maka diterima, jika probabilitas < 0,05 maka ditolak. Dengan angka signifikan 0,00 yang lebih
kecil dari 0,05, maka ditolak. Dengan begitu, maka kesimpulannya adalah ada pengaruh dalam
penerapan model make a match didukung media tiga dimensi dalam pembelajaran IPA terhadap hasil
belajar IPA materi penggolongan makhluk hidup secara sederhana siswa pada kelas III SDN
Slumbung tahun pelajaran 2014-2015.
Kata kunci: Model Make A Match, Media Tiga Dimensi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Materi
Penggolongan Makhluk Hidup Secara Makhluk Hidup Secara Sederhana.