PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN TAMANAN


Author (Penulis)

DHANIAR ULFA HADY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0075

Abstract

ABSTRAK DHANIAR ULFA HADY : Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa kelas IV SDN Tamanan, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: model pembelajaran Examples Non Examples, kemampuan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran . Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Tamanan. (2) Untuk mengetahui kemampuan menjelaskan hubungan antarasumber daya alam dengan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas IV SDN Tamanan.(3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Tamanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN Tamanan, masing-masing kelas IV 42 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes awal atau pretest. Desain penelitian yang digunakan adalah desain tes akhir bagi dua kelompok setara. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai posttest dari kelas kontrol yaitu 74 sedangkan hasil dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 86 Setelah itu melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent smple t-test, diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,01 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 (0,01<0,05). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas control dengan model konvensional dan kelas eksperimen dengan model Examples Non Examples. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran IPA.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI