PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN BENDA NYATA PADA MODEL PBI (PROBLEM BASED INTRODUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS JARING-JARING KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS IV
Author (Penulis)
DEWI RATNASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0074
Abstract
Abstrak
Proses pembelajaran matematika masih didominasi oleh guru dan kurang memanfaatkan media dalam proses pembelajaran sehingga motivasi dan hasil belajar yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media gambar dan benda nyata pada model PBI terhadap kemampuan menganalisis jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV dan kelas tanpa media. Penelitian ini dilakukan secara eksperiment, dengan sampel siswa kelas IV SDN Mrican 4, SDN Dermo 2, dan SDN Ngampel 2 Kota Kediri. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis variansi dan dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media benda nyata pada model pembelajaran PBI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan media gambar pada model PBI dan tanpa media karena benda nyata dapat menunjukkan obyek secara langsung kepada siswa sehingga siswa dapat mempelajari dan memahami obyek dengan baik.
Kata kunci : Media gambar, benda nyata, PBI, Analisis kubus dan balok