PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KEGIATAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SDN KANDANGAN 3 KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI NURINTAN PRASETYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0073

Abstract

Abstrak Dewi Nurintan Prasetiyawati. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Kegiatan Jual Beli Pada Siswa Kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Kegiatan Jual Beli Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dalam mengidentifikasi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah melalui penerapan model STAD didukung media Realia. 2) Untuk mengetahui bagaimana penguasaan kemampuan siswa dalam dalam mengidentifikasi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah melalui penerapan model STAD didukung media Realia . 3) Untuk membuktikan pengaruh penerapan model STAD didukung media Realia terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian keseluruhan siswa kelas III SDN Kandangan 3 Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri yang berjumlah 30 siswa, siswa kelas III A 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan sedangkan kelas III B berjumlah 30 siswa, 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain tes akhir bagi dua kelompok setara. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai post test dari 17 siswa pada Kelas III Kandangan 3 (kontrol) Kecamatan Kandangan yaitu diperoleh nilai rata-rata 733,33 pada kelas III Kandangan 3 (eksperimen) diperoleh nilai ratarata 81 Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t-tes pada hipotesis 3 didapatkan hasil t-hitung 2,640 > t-tabel 5% = 2,002 dengan demikian probabilitas kesalahan sangat kecil yakni kurang dari 5% p < (0,05) yang berarti H0 ditolak Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran STAD Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Kegiatan Jual Beli Pada Siswa Kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI