PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KEGIATAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SDN KANDANGAN 3 KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
DEWI NURINTAN PRASETYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0073
Abstract
Abstrak
Dewi Nurintan Prasetiyawati. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Didukung
Media Realia Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Kegiatan Jual Beli Pada
Siswa Kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP
Kediri, 2015.
Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Kegiatan Jual Beli
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa
pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa
menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi
pelajaran kurang. Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan
siswa dalam mengidentifikasi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
melalui penerapan model STAD didukung media Realia. 2) Untuk mengetahui
bagaimana penguasaan kemampuan siswa dalam dalam mengidentifikasi kegiatan
jual beli di lingkungan rumah dan sekolah melalui penerapan model STAD
didukung media Realia . 3) Untuk membuktikan pengaruh penerapan model
STAD didukung media Realia terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan
jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III SDN Kandangan 3
Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian
keseluruhan siswa kelas III SDN Kandangan 3 Kecamatan Kandangan Kabupaten
Kediri yang berjumlah 30 siswa, siswa kelas III A 13 siswa laki-laki dan 17 siswa
perempuan sedangkan kelas III B berjumlah 30 siswa, 18 siswa laki-laki dan 12
siswa perempuan.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes evaluasi. Desain
penelitian yang digunakan adalah desain tes akhir bagi dua kelompok setara.
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai post test dari 17 siswa
pada Kelas III Kandangan 3 (kontrol) Kecamatan Kandangan yaitu diperoleh nilai
rata-rata 733,33 pada kelas III Kandangan 3 (eksperimen) diperoleh nilai ratarata
81 Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t-tes pada hipotesis 3 didapatkan
hasil t-hitung 2,640 > t-tabel 5% = 2,002 dengan demikian probabilitas kesalahan
sangat kecil yakni kurang dari 5% p < (0,05) yang berarti H0 ditolak
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model
Pembelajaran STAD Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan
Mengidentifikasi Kegiatan Jual Beli Pada Siswa Kelas III SDN Kandangan 3
Kabupaten Kediri.