PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG SISWA KELAS V SD KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DEWI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0072
Abstract
Abstrak
Dewi Handayani : Pengaruh Model Course Review Horay terhadap
Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa
Penjajahan Belanda dan Jepang Siswa kelas V SD, Skripsi, PGSD, FKIP UNP
Kediri, 2015.
Kata kunci: Model Course Review Horay, Pembelajaran IPS di Kelas
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa
pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa
menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi
pelajaran kurang. Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan
mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda
dan Jepang dengan menggunakan model course review horay (2) untuk
mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang tanpa menggunakan model course review
horay (3) untuk mengetahui pengaruh model course review horay terhadap
kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian
seluruh siswa kelas V SDN Mojoroto 1 dan SDN Mojoroto 6, masing-masing
kelas V 40 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes evaluasi. Desain
penelitian yang digunakan adalah desain tes akhir bagi dua kelompok setara.
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai post test dari 40
siswa pada SDN Mojoroto 1 yaitu hasil dari rata-rata nilai post test
40 siswa pada SDN Mojoroto 6 yaitu 79 Berdasarkan taraf signifikan 5%
dan dk = N-1. Hasil t-hitung sebesar 5.52 dan t-tabel dengan taraf signifikan 5%
sebesar (2.000) berarti lebih besar dari 2.000 (5.52?2.000) dengan demikian H0
ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua
kelompok (eksperimen dan kontrol) yaitu lebih tinggi nilai kelompok eksperimen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model course
review horay terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SD.