PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG SISWA KELAS V SD KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0072

Abstract

Abstrak Dewi Handayani : Pengaruh Model Course Review Horay terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Siswa kelas V SD, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Model Course Review Horay, Pembelajaran IPS di Kelas Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan menggunakan model course review horay (2) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang tanpa menggunakan model course review horay (3) untuk mengetahui pengaruh model course review horay terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian seluruh siswa kelas V SDN Mojoroto 1 dan SDN Mojoroto 6, masing-masing kelas V 40 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain tes akhir bagi dua kelompok setara. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai post test dari 40 siswa pada SDN Mojoroto 1 yaitu hasil dari rata-rata nilai post test 40 siswa pada SDN Mojoroto 6 yaitu 79 Berdasarkan taraf signifikan 5% dan dk = N-1. Hasil t-hitung sebesar 5.52 dan t-tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar (2.000) berarti lebih besar dari 2.000 (5.52?2.000) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua kelompok (eksperimen dan kontrol) yaitu lebih tinggi nilai kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model course review horay terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SD.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI