PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM DIDUKUNG MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN KELAS III SDN NGADIREJO 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

DEVY RUSDIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0068

Abstract

Abstrak DEVY RUSDIANA SARI: Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Didukung Media Kartu Angka terhadap keterampilan menyelesaikan soal Pecahan Kelas III SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Superitem, Kartu Angka, Pembelajaran Matematika, Keterampilan. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa itu sendiri sudah mengganggap bahwa matematika itu sulit, metode pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa kurang mampu memahami konsep dan penalaran matematis. Pembelajaran bertujuan agar cara berfikir siswa menjadi cepat, tepat dan cermat sehingga siswa akan lebih terampil dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sebelum menggunakan model pembelajaran superitem yang didukung media kartu angka kelas III SDN Ngadirejo 3 kota Kediri Tahun Ajaran 2014 / 2015 ? 2) Bagaimana keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sesudah menggunakan model pembelajaran superitem yang didukung media kartu angka kelas III SDN Ngadirejo 3 kota Kediri Tahun Ajaran 2014 / 2015 ? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran superitem yang didukung media kartu angka terhadap keterampilan menyelesaikan soal pecahan pada siswa kelas III SDN Ngadirejo 3 kota Kediri Tahun Ajaran 2014 / 2015 ?. Hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “siswa kurang terampil dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana sebelum menggunakan model pembelajaran Superitem, model pembelajaran Superitem didukung media kartu angka memiliki pengaruh terhadap keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. terhadap pokok bahasan Pecahan Sederhana kelas III SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design (Pre-test and Post-test Group). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t independent untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas. Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa yang sebelum menggunakan model pembelajaran Superitem = 48,125 dan rata-rata skor tes siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Superitem = 73,75 dengan ?= 0,05 dan dk = 62. Dengan menggunakan rumus t independent diperoleh t hitung = 6,50 diperoleh t tabel = 1,99897 katena t hitung > t tabel maka disimpulkan bahwa siswa lebih terampil sesudah menggunakan model pembelajaran Superitem didukung media kartu angka. Dari analisis data diketahui ada pengaruh model pembelajaran Superitem didukung media kartu angka terhadap keterampilan menyelesaikan soal pecahan pada kelas III SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI